top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

7 Pilihan Makanan Ikan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak




Makanan yang kita konsumsi memang berperan penting dalam perkembangan otak, khususnya pada anak-anak. Ikan, khususnya ikan berlemak, mengandung nutrisi penting yang dapat meningkatkan fungsi otak dan kecerdasan anak. Artikel ini akan membahas jenis makanan ikan yang baik untuk kecerdasan otak anak.


1. Salmon


Salmon adalah salah satu ikan berlemak terbaik yang dapat meningkatkan kecerdasan otak anak. Ini mengandung asam lemak omega-3, terutama DHA (asam dokosaheksaenoat) yang penting untuk perkembangan otak dan fungsi kognitif. DHA membantu membangun struktur otak dan mendukung transmisi impuls saraf.


2. Sarden


Sarden adalah pilihan ikan yang terjangkau dan kaya akan omega-3. Omega-3 dalam sarden seperti DHA dan EPA (asam eikosapentaenoat) dapat membantu memelihara fungsi otak yang optimal. Sarden juga mengandung vitamin D yang baik untuk perkembangan tulang dan otak.


3. Trout Pelangi (Rainbow Trout)


Trout pelangi adalah ikan air tawar yang mengandung omega-3 dan protein tinggi. Kandungan protein dalam trout mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak. Ikan ini juga mengandung zat besi, yang penting untuk transportasi oksigen ke otak.


4. Tuna


Tuna mengandung omega-3 dan vitamin B kompleks. Vitamin B sangat penting dalam metabolisme energi otak dan dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kemampuan belajar anak.


5. Ikan Makarel


Makarel adalah ikan berlemak yang kaya akan omega-3 dan mengandung vitamin D. Vitamin D mendukung perkembangan otak dan sistem saraf anak.


6. Anchovy (Ikan Teri)


Anchovy adalah ikan kecil yang kaya akan nutrisi termasuk omega-3, kalsium, dan zat besi. Kalsium membantu dalam perkembangan otak yang kuat sedangkan zat besi dapat meningkatkan transportasi oksigen ke seluruh tubuh termasuk otak.


7. Ikan Cod


Ikan cod adalah sumber protein yang baik dan juga mengandung fosfor yang diperlukan untuk perkembangan dan fungsi otak yang optimal.


Mengonsumsi jenis makanan ikan yang mengandung omega-3 dan nutrisi penting lainnya dapat berkontribusi untuk perkembangan otak yang sehat pada anak-anak. Menyertakan ikan dalam diet mereka secara teratur dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak dan kemampuan belajar. Selalu pastikan ikan tersebut dimasak dengan benar untuk menghindari risiko keracunan merkuri.



 


Referensi :



University of Maryland Medical Center. (2019). "Omega-3 Fatty Acids." https://www.umms.org/ummc/health/medical/altmed/supplement/omega3-fatty-acids


National Institutes of Health - Office of Dietary Supplements. (2021). "Omega-3 Fatty Acids." https://ods.od.nih.gov/factsheets/Omega3FattyAcids-Consumer/


University of Rochester Medical Center. (2021). "Vitamin D." https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=19&contentid=VitaminD


MedicalNewsToday. (2021). "What are the health benefits of trout?" https://www.medicalnewstoday.com/articles/323912


Healthline. (2021). "9 Science-Backed Benefits of Cod Liver Oil." https://www.healthline.com/nutrition/cod-liver-oil


American Heart Association. (2021). "Fish and Omega-3 Fatty Acids." https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/fats/fish-and-omega-3-fatty-acids


MedicalNewsToday. (2021). "What are the health benefits of mackerel?" https://www.medicalnewstoday.com/articles/323808

3 views0 comments

תגובות


bottom of page