top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

Batuk Pilek Menyerang? Konsumsi Buah Ini untuk Mengatasinya!




Pilek adalah penyakit umum yang dapat mengganggu keseharian Anda. Salah satu gejala umum pilek adalah batuk. Untuk mengatasi batuk pilek dengan cara alami, Anda dapat memanfaatkan kekuatan buah-buahan yang kaya akan vitamin dan nutrisi. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa buah yang dapat membantu meredakan batuk pilek dan memberikan kenyamanan pada tubuh Anda. Berikut buah-buahan penyembuh batuk pilek:


1. Jeruk


Jeruk dikenal kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu mempercepat pemulihan dari pilek dan meringankan batuk. Anda dapat mengonsumsi jeruk segar atau minum jus jeruk alami.


2. Kiwi


Kiwi juga mengandung vitamin C yang tinggi, serta serat yang baik untuk pencernaan. Kombinasi ini membantu meredakan gejala batuk pilek dan mempercepat proses penyembuhan.


3. Pisang


Pisang mengandung vitamin C, vitamin B6, dan kalium. Kandungan tersebut dapat membantu meredakan iritasi tenggorokan dan melembutkan tenggorokan yang kering akibat batuk.


4. Pepaya


Pepaya mengandung enzim papain yang memiliki sifat antiinflamasi dan membantu meredakan radang tenggorokan. Kandungan vitamin C juga membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi.


5. Stroberi


Stroberi kaya akan antioksidan dan vitamin C. Mereka membantu mengurangi peradangan pada saluran pernapasan dan mengurangi gejala batuk.


6. Pineapple (Nanas)


Nanas mengandung bromelain, enzim yang memiliki sifat antiinflamasi dan membantu meredakan pembengkakan pada tenggorokan. Rasa segar nanas juga dapat memberikan sensasi nyaman pada tenggorokan.

7. Apel


Apel mengandung serat larut yang dapat membantu mengurangi iritasi tenggorokan dan meredakan batuk kering.


8. Pear (Pir)


Pir mengandung serat yang membantu melonggarkan lendir dan lendir yang menyebabkan batuk berdahak.


9. Melon


Melon mengandung banyak air dan vitamin C. Ini membantu menjaga tubuh terhidrasi dan mempercepat pemulihan dari pilek.


10. Blueberry (Bleuberi)


Blueberry adalah buah kaya antioksidan yang membantu mengurangi peradangan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.


Dalam menghadapi batuk pilek, konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin, antioksidan, dan nutrisi penting dapat membantu meredakan gejala dan mempercepat proses penyembuhan. Tetap menjaga pola makan sehat dan banyak minum air juga merupakan kunci penting dalam mengatasi pilek dengan lebih baik. Namun, jika gejala terus memburuk atau berlangsung lebih lama dari yang diharapkan, segeralah berkonsultasi dengan profesional medis.



 


Referensi :



Healthline. (2021). 15 Foods That Boost the Immune System. Retrieved from: https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-boost-the-immune-system


WebMD. (2021). Slideshow: 10 Foods to Eat When You Have the Flu. Retrieved from: https://www.webmd.com/cold-and-flu/ss/slideshow-foods-eat-when-sick


Mayo Clinic. (2021). Cold remedies: What works, what doesn't, what can't hurt. Retrieved from: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-cold/expert-answers/cold-remedies/faq-20057705



2 views0 comments

Comments


bottom of page