top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

Darah Rendah? Begini Cara Alami untuk Bangkitkan Kesehatan Anda




Darah rendah atau hipotensi adalah kondisi ketika tekanan darah Anda lebih rendah dari batas normal, yang biasanya adalah 90/60 mmHg. Meskipun darah rendah seringkali dianggap sebagai hal yang baik, terlalu rendah bisa mengakibatkan gejala seperti pusing, lemas, dan bahkan pingsan. Bagi yang menghadapi masalah darah rendah, berikut adalah beberapa cara alami yang dapat membantu meningkatkan tekanan darah Anda.


1. Konsumsi Makanan Kaya Garam


Garam adalah salah satu cara tercepat untuk meningkatkan tekanan darah. Ini karena garam membantu tubuh menyimpan air, yang dapat meningkatkan volume darah Anda. Namun, konsumsi garam harus diatur dengan bijak dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter, terutama jika Anda memiliki masalah jantung atau tekanan darah tinggi.


2. Minum Air yang Cukup


Dehidrasi dapat menyebabkan penurunan tekanan darah. Pastikan Anda cukup minum air sepanjang hari, terutama dalam cuaca panas atau jika Anda berolahraga. Air membantu menjaga volume darah yang cukup untuk menjaga tekanan darah Anda.


3. Tingkatkan Asupan Kafein


Kafein, yang terdapat dalam kopi dan teh, dapat meningkatkan tekanan darah sementara dengan merangsang jantung dan meningkatkan kontraksi pembuluh darah. Namun, konsumsi kafein harus dalam batas yang wajar agar tidak mengganggu tidur atau menyebabkan efek samping lainnya.


4. Kenali Makanan yang Meningkatkan Tekanan Darah


Beberapa makanan diketahui dapat membantu meningkatkan tekanan darah, seperti bit, gula merah, dan daging merah. Menambahkan makanan-makanan ini ke dalam diet Anda secara teratur dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil.


5. Olahraga Teratur


Berolahraga secara teratur dapat membantu memperkuat jantung Anda, meningkatkan elastisitas pembuluh darah, dan memperbaiki sirkulasi darah. Latihan aerobik ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang dapat membantu meningkatkan tekanan darah.


6. Hindari Bangkit Mendadak


Bangkit mendadak dari posisi duduk atau tidur dapat menyebabkan penurunan tekanan darah secara tiba-tiba. Sebaiknya, bangkit dengan perlahan dan beri tubuh Anda waktu untuk beradaptasi dengan perubahan posisi.


7. Hindari Alkohol dalam Jumlah Berlebihan


Konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan penurunan tekanan darah. Jika Anda minum alkohol, lakukan dengan bijak dan dalam jumlah yang wajar.


Selalu penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mencoba cara-cara ini, terutama jika Anda memiliki kondisi medis yang mendasarinya. Darah rendah bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius, dan dokter akan membantu Anda menentukan penyebabnya dan rencana pengelolaan yang sesuai.



 


Referensi : Mayo Clinic. (2021). Low blood pressure (hypotension). https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/low-blood-pressure/symptoms-causes/syc-20355465


Harvard Health Publishing - Harvard Medical School. (2020). 11 simple strategies to lower your blood pressure. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/11-simple-strategies-to-lower-your-blood-pressure


American Heart Association. (2021). Low Blood Pressure - When Blood Pressure Is Too Low. https://www.heart.org/en/health-topics/high-blood-pressure/the-facts-about-high-blood-pressure/low-blood-pressure-when-blood-pressure-is-too-low


National Heart, Lung, and Blood Institute. (2021). Low Blood Pressure. https://www.nhlbi.nih.gov/health-topics/low-blood-pressure

0 views0 comments

Comments


bottom of page