top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

Kenali Efek Samping Mengonsumsi Kayu Manis pada Kesehatan Anda!

Updated: Sep 27, 2023




Kayu manis adalah rempah-rempah yang digunakan secara luas dalam masakan dan minuman. Kayu manis juga diklaim memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Namun, mengonsumsi kayu manis secara berlebihan atau tidak tepat dapat memiliki efek samping yang perlu Anda ketahui. Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi berbagai efek samping mengonsumsi kayu manis dan cara mengonsumsinya dengan bijak.


Efek Samping Mengonsumsi Kayu Manis:


1. Iritasi Mulut dan Gusi


Kayu manis mengandung senyawa alami yang dapat menyebabkan iritasi mulut dan gusi jika dikonsumsi dalam jumlah besar atau dalam bentuk serbuk murni.


2. Alergi Kulit


Beberapa individu mungkin mengalami reaksi alergi kulit seperti ruam atau gatal-gatal setelah kontak dengan kayu manis, terutama jenis kulit sensitif.


3. Gangguan Lambung


Kayu manis dapat menyebabkan gangguan lambung pada beberapa orang, termasuk perasaan kembung, gas, atau ketidaknyamanan perut.


4. Interaksi Obat


Kayu manis dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, khususnya obat yang mempengaruhi gula darah. Ini dapat memengaruhi pengaturan dosis obat bagi penderita diabetes.


5.Kadar Kadmium


Beberapa produk kayu manis mengandung kadar kadmium yang tinggi, yang dapat berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah besar.


Cara Mengonsumsi Kayu Manis dengan Bijak:


1, Batas Asupan


Konsumsilah kayu manis dalam jumlah moderat. Sebagai pedoman umum, satu hingga dua sendok teh sehari dianggap aman.


2. Pilih Kayu Manis Berkualitas


Pilih kayu manis berkualitas tinggi dan pastikan itu adalah jenis kayu manis yang aman untuk dikonsumsi.


3. Monitor Reaksi Tubuh


Jika Anda mengalami iritasi atau reaksi alergi setelah mengonsumsi kayu manis, hentikan penggunaannya dan konsultasikan dengan profesional kesehatan.


4. Perhatikan Interaksi Obat


Jika Anda mengonsumsi obat-obatan tertentu, bicarakan dengan dokter Anda tentang potensi interaksi dengan kayu manis.


Kayu manis adalah bumbu yang lezat dan bermanfaat jika dikonsumsi dengan bijak. Penting untuk mengenali efek samping potensialnya dan membatasi asupan jika Anda mengalami reaksi negatif. Dengan pemahaman yang tepat, Anda dapat menikmati manfaat kayu manis tanpa khawatir tentang efek samping yang tidak diinginkan pada kesehatan Anda.



 


Referensi :



Medical News Today. (2021). What to know about cinnamon allergy. Retrieved from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/320422


Healthline. (2021). Cassia Cinnamon: Benefits, Uses, and Side Effects. Retrieved from: https://www.healthline.com/nutrition/cassia-cinnamon


National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH). (2021). Cinnamon. Retrieved from: https://www.nccih.nih.gov/health/cinnamon


Mayo Clinic. (2021). Can cinnamon lower blood sugar? Retrieved from: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/expert-answers/cinnamon-and-diabetes/faq-20320059

Opmerkingen


bottom of page