top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

Manfaat dan Kreativitas Pengolahan Biji Chia: Dari Puding Hingga Selai yang Sehat dan Lezat

Updated: Jun 2, 2023




Chia seed, atau biji chia, telah menjadi bahan makanan yang populer dalam beberapa tahun terakhir. Biji kecil berwarna gelap ini berasal dari tanaman Salvia hispanica, yang tumbuh di Amerika Selatan. Selain memiliki rasa yang ringan dan serbaguna, chia seed juga diketahui memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang mengesankan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu chia seed, manfaat kesehatannya, dan cara mengonsumsinya untuk memperoleh manfaat maksimal.


Apa itu Chia Seed?


Chia seed adalah biji kecil berwarna gelap yang berasal dari tanaman Salvia hispanica. Biji ini kaya akan nutrisi penting, seperti serat, protein, lemak sehat, asam lemak omega-3, kalsium, magnesium, dan antioksidan. Chia seed memiliki tekstur unik yang kenyal saat terendam dalam air, membuatnya cocok digunakan dalam berbagai resep makanan dan minuman.


Berikut adalah beberapa cara kreatif untuk mengolah biji chia:


1. Chia Pudding:


Biji chia dapat digunakan untuk membuat puding yang lezat dan sehat. Campurkan biji chia dengan susu nabati favorit Anda, tambahkan pemanis alami seperti madu atau maple syrup, dan biarkan campuran tersebut mengembang semalaman di dalam lemari es. Anda dapat menambahkan buah-buahan segar, potongan kacang-kacangan, atau rempah-rempah seperti kayu manis untuk memberikan variasi rasa.


2. Selai Chia:


Biji chia dapat dijadikan bahan dasar untuk membuat selai yang sehat. Campurkan biji chia dengan air atau jus buah, tambahkan pemanis alami, dan biarkan campuran tersebut mengental selama beberapa jam. Anda akan mendapatkan selai yang kaya akan serat dan omega-3. Anda dapat menggunakan selai chia ini sebagai topping untuk roti panggang, oatmeal, atau yogurt. Anda juga bisa mencari beberapa olahan Selai Chia di toko - toko Online juga. Salah satu contoh Selai Chia yang telah diproduksi dan dikenal luas di Indonesia adalah Spencer’s Chia Spread.


3. Chia Smoothie:


Tambahkan biji chia ke dalam smoothie favorit Anda untuk memberikan tambahan tekstur dan nutrisi. Campurkan biji chia dengan buah-buahan, sayuran, dan susu nabati, kemudian blender hingga halus. Anda akan mendapatkan smoothie yang kaya serat, protein, dan omega-3.


4. Topping Salad:


Taburkan biji chia di atas salad Anda untuk memberikan tambahan nutrisi dan tekstur. Biji chia akan memberikan rasa gurih dan memberikan tambahan serat pada hidangan salad Anda.


5. Bahan Pembuatan Roti dan Kue:


Biji chia dapat digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan roti, kue, atau cookies. Anda dapat menambahkan biji chia ke dalam adonan untuk memberikan kandungan serat yang lebih tinggi dan memberikan tekstur yang menarik pada produk roti atau kue Anda.


Dengan kreativitas Anda, biji chia dapat diolah menjadi berbagai hidangan yang sehat dan lezat. Manfaat nutrisinya yang kaya akan serat, protein, omega-3, dan antioksidan menjadikan biji chia sebagai tambahan yang hebat untuk pola makan sehari-hari.


 

Referensi:



Coelho, M. S., et al. "Processing of chia (Salvia hispanica L.) seeds: a review." Trends in Food Science & Technology, vol. 67, 2017, pp. 267-279.


Reyes-Caudillo, E., et al. "Dietary fiber content and antioxidant activity of phenolic compounds present in Mexican chia (Salvia hispanica L.) seeds." Food Chemistry, vol. 107, no. 2, 2008, pp. 656-663.


Martínez-Cruz, O., et al. "Molecular properties of a protein fraction from chia seeds (Salvia hispanica L.) hydrolyzed with a thermolysin-like protease." Food Research International, vol. 44, no. 1, 2011, pp. 136-144.


Campanelli, G., et al. "Evaluation of quality and antioxidant properties in fresh and dried Chia seeds (Salvia hispanica L.)." Foods, vol. 8, no. 2, 2019, p. 71.


留言


bottom of page