top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

Melihat Lebih Dekat: Makna dan Filosofi di Balik Logo IKN Nusantara Pohon Hayat



Logo Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara) telah resmi diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo. Logo IKN Nusantara yang terpilih merupakan hasil seleksi dari para peserta yang telah mengikuti sayembara. Peluncuran logo IKN Nusantara yang telah terpilih dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa 30 Mei 2023. Jokowi menyampaikan bahwa nantinya logo IKN yang terpilih akan menjadi identitas visual bagi IKN Nusantara.


"Hari ini kita akan melakukan peluncuran logo baru ibukota nusantara yang nantinya ini akan menjadi identitas visual bagi IKN. Tadi sudah disampaikan oleh Kepala Otorita bahwa telah melalui proses sayembara yang sangat selektif," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa 30 Mei 2023).


Logo IKN terpilih itu bertema "Pohon Hayat Nusantara" yang didesain oleh Aulia Akbar. Berikut serba-serbi profil hingga filosofi logo IKN Nusantara Pohon Hayat yang telah resmi diluncurkan:


1. Profil Logo IKN Nusantara Pohon Hayat


Logo IKN Nusantara yang bertema "Pohon Hayat Nusantara" terinspirasi oleh bentuk penghayatan simbolisme pohon dari barat sampai timur Indonesia. Sumber kehidupan sekaligus kekayaan hayati yang melimpah di ekologi Nusantara. Logo IKN Nusantara Pohon Hayat itu nampak terdiri dari lima akar pohon, dengan tujuh batang, dan ada tujuh belas kembang mekar. Berikut makna masing-masing unsur dalam logo IKN "Pohon Hayat Nusantara":

  • 5 akarnya melambangkan Pancasila

  • 7 batangnya mewakili pulau besar

  • 17 kembang mekar menjadi simbol kemerdekaan yang abadi.


2. Filosofi Logo IKN Nusantara Pohon Hayat


Sebelumnya dalam acara peluncuran logo IKN, Presiden Jokowi mengungkapkan filosofi logo IKN Nusantara "Pohon Hayat". Jokowi mengatakan filosofi Pohon Hayat juga sejalan dengan pembangunan IKN. Tema Pohon Hayat itu selaras dengan spirit menumbuhkan rasa bangga Indonesia.


"Logo Pohon Hayat juga memiliki filosofi yang sejalan dengan semangat pembangunan IKN, menumbuhkan rasa bangga dengan jati diri bangsa sebagai negara besar, sebagai bangsa yang besar, bangsa yang majemuk dan menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga alam dan juga lingkungan beserta ekosistemnya," ujar Jokowi.


"Dan juga memperkuat ikhtiar usaha kita bersama untuk berkontribusi bagi percepatan pembangunan ibu kota Nusantara kita, ibu kota masa depan Indonesia," sambung Jokowi.



 


Referensi :



Detiknews, (2023), Serba-serbi Logo IKN Nusantara Pohon Hayat: Filosofi dan Cerita Inspirasinya, https://docs.google.com/document/d/1WoJTMHpzV3h3V6Hj3COLdyQ7G6yJz2Y-w6_HDT6cJqk/edit#



Comments


bottom of page