top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

Mengenal Gas Helium : Jangan Main-main, Ini 5 Bahaya Jika Menghirup Gas Helium




Gas helium sering digunakan dalam berbagai acara untuk membuat suara lucu atau memeriahkan suasana. Namun, dibalik kesenangan itu, terdapat bahaya serius jika gas ini dihirup. Artikel ini akan membahas risiko dan bahaya kesehatan yang dapat timbul akibat menghirup gas helium secara sembrono.


1. Kekurangan Oksigen


Menghirup helium berarti menggantikan udara normal yang mengandung oksigen dengan gas helium. Kekurangan oksigen dapat menyebabkan hipoksia yang dapat mengakibatkan pusing, mual, dan bahkan kehilangan kesadaran.


2. Bahaya Keracunan


Gas helium yang dihirup dapat menyebabkan keracunan karena menggeser oksigen dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti sakit kepala, kebingungan, dan bahkan dapat berujung pada kerusakan organ.


3. Efek Sementara dan Jangka Panjang


Penggunaan helium secara berlebihan dapat menyebabkan efek sementara seperti suara serak dan gangguan bicara. Namun, bahaya jangka panjang termasuk kerusakan paru-paru, yang dapat menjadi kondisi serius.


4. Bahaya Meledak


Helium sendiri tidak mudah terbakar atau meledak. Namun, jika helium tercampur dengan udara atau gas lain, dapat menciptakan keadaan yang mudah terbakar. Oleh karena itu, penggunaan helium harus dilakukan dengan hati-hati di tempat yang aman.


5. Berpotensi Menyebabkan Kematian


Menghirup gas helium dalam jumlah besar atau dalam jangka waktu yang lama dapat berpotensi menyebabkan kematian. Kekurangan oksigen yang signifikan dapat mengakibatkan gagal napas dan komplikasi serius lainnya.


Menghirup gas helium bukanlah lelucon dan dapat membawa risiko serius bagi kesehatan. Penting untuk memahami dan menyadari konsekuensi dari tindakan semacam ini. Sebagai gantinya, nikmatilah helium dengan cara yang aman dan sesuai dengan penggunaannya yang sebenarnya, seperti dalam balon hias atau keperluan medis yang tepat.



 


Referensi:



Mayo Clinic. (2021). "Hypoxemia: Symptoms and Causes." https://www.mayoclinic.org/symptoms/hypoxemia/symptoms-causes/syc-20374336


Centers for Disease Control and Prevention. (2021). "Helium." https://www.cdc.gov/niosh/idlh/7440597.html


Medical News Today. (2021). "What to know about helium exposure." https://www.medicalnewstoday.com/articles/323297


U.S. National Library of Medicine. (2021). "Inhalants." https://medlineplus.gov/inhalants.html

0 views0 comments
bottom of page