top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

Tiba-tiba Muncul Lebam di Tubuh? Ketahui Pertanda Apa yang Harus Anda Perhatikan




Ketika tiba-tiba muncul lebam di tubuh tanpa alasan yang jelas, banyak orang sering kali bertanya-tanya apa sebenarnya penyebabnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya lebam tanpa disadari dan pertanda apa yang harus Anda perhatikan terkait dengan kondisi ini. Teruslah membaca untuk mendapatkan informasi yang berguna dan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang terjadi pada tubuh Anda.


1. Trauma Fisik:


Salah satu penyebab paling umum dari munculnya lebam tiba-tiba adalah trauma fisik. Jika Anda terjatuh, terbentur, atau terkena benturan dengan benda keras, lebam dapat muncul sebagai hasil langsung dari cedera tersebut. Meskipun dalam banyak kasus, lebam dapat terlihat segera setelah trauma, tetapi ada juga kemungkinan munculnya lebam beberapa jam atau bahkan beberapa hari setelah cedera terjadi.


2. Gangguan Pembekuan Darah:


Jika Anda sering mengalami lebam dengan mudah dan tanpa alasan yang jelas, ini mungkin menunjukkan adanya gangguan pembekuan darah. Gangguan ini dapat disebabkan oleh kondisi medis seperti hemofilia, penyakit hati, atau kekurangan vitamin K. Jika Anda memiliki riwayat lebam berlebihan, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.


3. Efek Samping Obat:


Beberapa obat tertentu, terutama antikoagulan (obat pengencer darah), dapat menyebabkan munculnya lebam dengan mudah. Jika Anda baru saja memulai penggunaan obat baru dan mulai mengalami lebam secara tiba-tiba, segera konsultasikan dengan dokter Anda. Mereka dapat mengevaluasi apakah obat tersebut menjadi penyebab lebam yang Anda alami.


4. Penyakit Hematologi:


Beberapa penyakit hematologi, seperti leukemia atau penyakit von Willebrand, dapat menyebabkan munculnya lebam tanpa alasan yang jelas. Jika lebam terjadi secara terus-menerus, disertai dengan gejala lain seperti mudah memar, perdarahan gusi yang berlebihan, atau kelelahan yang tak lazim, segera cari perhatian medis untuk diagnosis dan penanganan yang tepat.


Munculnya lebam di tubuh secara tiba-tiba dapat menjadi pertanda dari beberapa faktor yang berbeda. Terkadang, lebam dapat dijelaskan dengan trauma fisik yang terjadi, sementara dalam kasus lain, dapat menjadi indikasi dari gangguan pembekuan darah, efek samping obat, atau penyakit hematologi. Penting untuk mengamati gejala tambahan yang mungkin terjadi bersamaan dengan lebam dan berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki kekhawatiran atau gejala yang mencurigakan. Jangan ragu untuk mencari bantuan medis untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat.




 


Referensi:



Mayoclinic - Bruise: Diagnosis and Treatment (https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bruise/diagnosis-treatment/drc-20354814)


WebMD - Unexplained Bruising: Causes and Treatments (https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/unexplained-bruising-causes)


Healthline - Bruises: Causes, Treatments, and Prevention (https://www.healthline.com/health/bruise)


MedlinePlus - Easy Bruising (https://medlineplus.gov/ency/article/003235.htm)


American Academy of Dermatology - Easy bruising: Common as you age (https://www.aad.org/public/diseases/a-z/easy-bruising)


Cleveland Clinic - Easy Bruising: When Should You Be Concerned? (https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/20636-easy-bruising-when-should-you-be-concerned)



Comments


bottom of page