top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

Waktu yang Tepat untuk Berolahraga dalam Upaya Menurunkan Berat Badan




Olahraga merupakan kunci dalam proses untuk menurunkan berat badan yang sehat. Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah, "Kapan waktu yang tepat untuk berolahraga agar hasilnya lebih efektif?" Artikel ini akan membahas mengenai strategi waktu yang tepat untuk olahraga dalam upaya untuk menurunkan berat badan.


1. Pagi: Bangun dengan Energi


Keuntungan waktu Pagi:

  • Metabolisme Awal: Olahraga di pagi hari dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda serta membantu Anda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

  • Pentingnya Konsistensi: Olahraga pagi menciptakan kedisiplinan yang kuat serta dapat memengaruhi pilihan makanan sepanjang hari.

  • Energi yang Ditingkatkan: Aktivitas fisik di pagi hari dapat meningkatkan energi serta memberikan perasaan yang segar dan positif untuk Anda.


2. Siang: Berolahraga di Tengah Hari


Manfaat Siang:

  • Otot Lebih Hangat: Pada siang hari, tubuh sudah bangun sepenuhnya, serta otot Anda lebih hangat. Hal ini dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi risiko cedera.

  • Istirahat dari Rutinitas: Berolahraga siang hari dapat menjadi jeda yang baik dari pekerjaan maupun rutinitas harian Anda.


3. Malam: Sore atau Malam Hari


Kelebihan Berolahraga Malam:

  • Peningkatan Kekuatan: Studi menunjukkan bahwa kekuatan otot dan kemampuan fisik mencapai puncaknya pada sore hingga malam hari.

  • Waktu Luang: Bagi beberapa orang, malam adalah satu-satunya waktu luang yang tersedia untuk berolahraga.


4. Jadwal yang Konsisten


Yang paling penting adalah menjadwalkan waktu olahraga yang sesuai dengan rutinitas Anda dan tetap konsisten. Setiap waktu memiliki manfaatnya sendiri, tetapi kunci utamanya adalah berolahraga secara teratur. Berikut beberapa tips:

  • Pilih Waktu yang Anda Nikmati: Lebih baik berolahraga pada waktu yang Anda nikmati sehingga Anda lebih mungkin untuk melakukannya secara konsisten.

  • Gabungkan dengan Kegiatan Lain: Anda bisa menggabungkan olahraga dengan aktivitas lain seperti berjalan kaki ke tempat kerja atau bersepeda, terlepas dari waktu olahraganya.

  • Perhatikan Nutrisi: Ingatlah bahwa diet Anda juga sangat penting dalam menurunkan berat badan. Gabungkan olahraga dengan pola makan yang seimbang.


Waktu yang tepat untuk berolahraga adalah saat Anda dapat melakukannya secara teratur. Jadikan olahraga sebagai bagian yang konsisten dari rutinitas harian dan Anda akan melihat hasil penurunan berat badan yang positif.



 


Referensi :



Mayo Clinic. (2021). "Exercise for weight loss: Calories burned in 1 hour." https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/exercise/art-20050999


Harvard Health Publishing. (2019). "The best time to exercise." https://www.health.harvard.edu/exercise-and-fitness/the-best-time-to-exercise


WebMD. (2021). "What's the Best Time to Exercise?" https://www.webmd.com/fitness-exercise/ss/slideshow-best-time-to-exercise


American Heart Association. (2021). "When is the best time of day to work out?" https://www.heart.org/en/healthy-living/fitness/fitness-basics/when-is-the-best-time-of-day-to-work-out


The New York Times. (2019). "The Best Time to Exercise to Lose Weight." https://www.nytimes.com/2019/12/18/well/move/exercise-time-weight-loss.html

0 views0 comments

Comments


bottom of page