top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

7 Manfaat Kesehatan yang Luar Biasa Menjadi Seorang Vegan




Mungkin Anda telah mendengar tentang gaya hidup vegan yang semakin populer. Veganisme lebih dari sekadar tren, ini adalah komitmen untuk menghindari produk hewani dalam makanan dan kehidupan sehari-hari. Selain manfaat lingkungan yang signifikan, ada juga sejumlah manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan menjadi seorang vegan. Dalam artikel ini, kami akan membahas tujuh manfaat kesehatan yang luar biasa dari gaya hidup vegan.


1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung


Salah satu manfaat yang paling menonjol dari diet vegan adalah penurunan risiko penyakit jantung karena diet vegan biasanya rendah lemak jenuh dan kolesterol. Vegan memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung.


2. Kontrol Berat Badan yang Lebih Baik


Veganisme dapat membantu dalam menjaga berat badan yang sehat. Diet tinggi serat, rendah kalori, dan tanpa produk hewani dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu mengontrol nafsu makan.


3. Manajemen Diabetes yang Lebih Baik


Penelitian menunjukkan bahwa diet vegan dapat membantu dalam manajemen diabetes tipe 2. Kandungan serat yang tinggi dalam diet vegan dapat mengontrol kadar gula darah.


4. Kulit yang Lebih Sehat


Kandungan antioksidan yang tinggi dalam diet vegan dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Orang yang vegan sering memiliki kulit yang lebih bersinar dan bebas dari masalah kulit.


5. Rendah Risiko Kanker


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet vegan dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker usus besar dan payudara.


6. Pencernaan yang Lebih Baik


Kandungan serat yang tinggi dalam makanan vegan dapat mendorong pencernaan yang sehat dan dapat membantu mencegah rasa sembelit.


7. Energik dan Bersemangat


Vegan sering terjadi mengalami peningkatan energi dan perasaan lebih bersemangat. Kombinasi makanan tinggi nutrisi dan kandungan rendah lemak jenuh memberi tubuh bahan bakar yang baik.


Dalam memilih menjadi vegan, Anda bukan hanya melakukan kontribusi positif terhadap lingkungan tetapi Anda juga memberikan begitu banyak manfaat kesehatan pada diri Anda sendiri. Dengan diet yang tepat, menjadi vegan dapat membantu Anda hidup lebih sehat dan lebih bahagia. Pastikan untuk berkonsultasi dengan profesional medis atau seorang ahli gizi sebelum mengubah diet Anda secara signifikan. Setiap perubahan diet harus disesuaikan dengan kebutuhan pribadi Anda.



 


Referensi :



Craig, W.J., & Mangels, A.R. (2009). Position of the American Dietetic Association: Vegetarian Diets. Journal of the American Dietetic Association, 109(7), 1266-1282.


Dinu, M., Abbate, R., Gensini, G.F., Casini, A., & Sofi, F. (2017). Vegetarian, Vegan Diets and Multiple Health Outcomes: A Systematic Review with Meta-Analysis of Observational Studies. Critical Reviews in Food Science and Nutrition, 57(17), 3640-3649.


Le, L.T., & Sabaté, J. (2014). Beyond Meatless, the Health Effects of Vegan Diets: Findings from the Adventist Cohorts. Nutrients, 6(6), 2131-2147.

Comments


bottom of page