top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

Dark Chocolate: Kelebihan dan Manfaat yang Menyehatkan untuk Tubuh

Updated: Jun 2, 2023




Dark chocolate, juga dikenal sebagai cokelat hitam, adalah jenis cokelat yang terbuat dari biji kakao dengan kandungan kakao yang tinggi. Selain memberikan kenikmatan yang lezat, dark chocolate juga diketahui memiliki sejumlah kelebihan dan manfaat yang baik untuk kesehatan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan kelebihan dan manfaat yang dimiliki oleh dark chocolate serta alasan mengapa Anda harus memasukkannya ke dalam pola makan sehat Anda.


Dark chocolate adalah salah satu jenis makanan yang disukai oleh banyak orang, terutama karena rasanya yang kaya dan lezat. Namun, selain memberikan kenikmatan bagi lidah Anda, dark chocolate juga memiliki sejumlah manfaat yang menyehatkan bagi tubuh Anda.


Kelebihan dan Manfaat Dark Chocolate:


1. Sumber Antioksidan yang Kuat


Dark chocolate mengandung antioksidan yang kuat, terutama flavonoid. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan berbagai penyakit. Mengonsumsi dark chocolate secara teratur dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap kerusakan oksidatif dan membantu menjaga kesehatan sel tubuh.


2. Menyehatkan Jantung


Dark chocolate diketahui memiliki efek positif pada kesehatan jantung. Kandungan flavonoid dalam dark chocolate dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah ke jantung, dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Mengonsumsi dark chocolate dengan kadar kakao yang tinggi dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, termasuk penyakit jantung koroner.


3. Meningkatkan Mood dan Mengurangi Stres


Dark chocolate mengandung senyawa seperti feniletilamin dan serotonin yang dapat merangsang produksi endorfin di otak, yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Mengonsumsi dark chocolate secara moderat dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan meningkatkan energi secara alami.


4. Sumber Mineral Penting


Dark chocolate mengandung mineral penting seperti magnesium, zat besi, tembaga, dan mangan. Magnesium berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan sistem saraf, sedangkan zat besi penting untuk pembentukan sel darah merah. Tembaga dan mangan juga membantu berbagai fungsi tubuh yang penting, termasuk produksi energi dan sistem kekebalan tubuh.


5. Efek Positif pada Kognisi dan Fungsi Otak


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dark chocolate dapat memberikan efek positif pada kognisi dan fungsi otak. Kandungan flavonoid dalam dark chocolate dapat meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan kemampuan belajar, memori, dan perhatian. Dark chocolate juga dapat membantu melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas.


Dark chocolate memiliki banyak kelebihan dan manfaat yang menyehatkan. Dalam porsi yang moderat, dark chocolate dapat memberikan sumber antioksidan yang kuat, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan mood, menyediakan mineral penting, dan memiliki efek positif pada kognisi dan fungsi otak. Namun, perlu diingat bahwa dark chocolate yang dikonsumsi sebaiknya memiliki kandungan kakao yang tinggi dan rendah gula. Selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan Anda.


 

Referensi:



Latif, R. "Health Benefits of Cocoa Flavanols." International Journal of Molecular Sciences, vol. 14, no. 10, 2013, pp. 21039-21060.


Buijsse, B., et al. "Chocolate Consumption in Relation to Blood Pressure and Risk of Cardiovascular Disease in German Adults." European Heart Journal, vol. 31, no. 13, 2010, pp. 1616-1623.


Pase, M. P., et al. "Cocoa Polyphenols Enhance Positive Mood States but Not Cognitive Performance: A Randomized, Placebo-Controlled Trial." Journal of Psychopharmacology, vol. 27, no. 5, 2013, pp. 451-458.


Miller, K. B., et al. "Impact of Alkalization on the Antioxidant and Flavanol Content of Commercial Cocoa Powders." Journal of Agricultural and Food Chemistry, vol. 57, no. 18, 2009, pp. 8529-8537.


Nehlig, A. "The Neuroprotective Effects of Cocoa Flavanol and Its Influence on Cognitive Performance." British Journal of Clinical Pharmacology, vol. 75, no. 3, 2013, pp. 716-727.



Kommentare


bottom of page