top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

Makanan yang Harus Dihindari bagi Orang Intoleran Laktosa: Jaga Kesehatan dengan Pilihan yang Tepat!




Jika Anda mengalami intoleransi laktosa, penting untuk mengetahui makanan yang perlu dihindari. Dalam artikel ini, kami akan mengulas daftar makanan umum yang mengandung laktosa serta memberikan alternatif sehat yang dapat dinikmati oleh orang yang intoleran laktosa.


Intoleransi laktosa dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan masalah pencernaan pada orang yang tidak dapat mencerna laktosa, gula yang ditemukan dalam produk susu. Jika Anda mengalami intoleransi laktosa, menghindari makanan yang mengandung laktosa dapat membantu menjaga kesehatan dan kualitas hidup Anda. Berikut adalah daftar makanan

yang perlu dihindari bagi orang dengan intoleransi laktosa:


1. Susu dan Produk Susu:

Susu sapi dan produk susu lainnya seperti keju, yoghurt, es krim, dan mentega mengandung laktosa. Untuk menghindari ketidaknyamanan, pilihlah susu nabati yang tidak mengandung laktosa seperti susu almond, susu kedelai, atau susu kelapa. Alternatif susu nabati ini kini tersedia dengan berbagai rasa dan tekstur yang lezat.


2. Makanan Olahan:

Beberapa makanan olahan seperti roti, kue, sereal, dan makanan ringan bisa mengandung laktosa sebagai bahan tambahan. Perhatikan label bahan makanan olahan dan cari produk yang bebas laktosa atau alternatif yang tidak mengandung susu. Pilihan makanan olahan yang bebas laktosa semakin banyak tersedia di pasaran.


3. Saus dan Dressing:


Saus dan dressing seperti saus salad, saus tomat, saus pasta, dan saus daging seringkali mengandung laktosa. Pilihlah saus dan dressing yang tidak mengandung susu atau buatlah sendiri dengan bahan-bahan bebas laktosa seperti minyak zaitun, cuka, rempah-rempah, atau bahan pengganti susu nabati.


4. Makanan yang Digoreng:

Beberapa makanan yang digoreng seperti kentang goreng, ayam goreng, atau ikan goreng dapat menggunakan adonan yang mengandung laktosa. Pastikan untuk memeriksa bahan-bahan yang digunakan dalam adonan dan pilihlah makanan yang digoreng tanpa adonan yang mengandung laktosa atau buatlah versi rumahan dengan menggunakan tepung bebas laktosa atau tepung alternatif.


5. Makanan Manis:

Perhatikan makanan manis seperti permen, cokelat, es krim, atau makanan penutup lainnya, yang sering kali mengandung laktosa. Pilihlah makanan manis yang dibuat dengan pengganti susu nabati atau pilihlah merek yang khusus menawarkan produk bebas laktosa.

Dengan memperhatikan makanan yang perlu dihindari dan mencari alternatif sehat, Anda dapat tetap menikmati makanan yang lezat dan menjaga kesehatan Anda meskipun mengalami intoleransi laktosa. Jangan ragu untuk mencoba resep makanan yang bebas laktosa atau berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan saran yang tepat dalam mengatur pola makan Anda.

bottom of page