top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

Tips Bekal Sehat untuk Anak: Menyediakan Makanan Bergizi dan Menarik untuk Aktivitas Sehari-hari

Updated: Jun 2, 2023




Memberikan bekal sehat untuk anak-anak adalah langkah penting dalam memastikan mereka mendapatkan nutrisi yang cukup dan tetap energik sepanjang hari. Namun, seringkali tantangan terbesar adalah membuat makanan yang sehat dan menarik bagi mereka. Dikutip dari American Academy of Pediatrics yang membahas tentang "Healthy Lunch Box Ideas for Kids". Berikut ini adalah tips tentang bagaimana menyediakan bekal sehat yang bergizi dan menarik untuk anak-anak.


1. Keseimbangan Nutrisi


Pastikan bekal anak-anak mencakup semua komponen penting seperti karbohidrat, protein, lemak sehat, serta vitamin dan mineral. Campurkan berbagai jenis makanan untuk memastikan asupan gizi yang seimbang. Misalnya, kombinasikan roti gandum dengan potongan daging ayam panggang, tambahkan irisan sayuran segar, dan berikan potongan buah-buahan sebagai camilan.


2. Warna dan Variasi


Buatlah bekal menarik dengan menggunakan berbagai warna dan variasi makanan. Misalnya, tambahkan sayuran berwarna-warni seperti wortel ungu atau paprika kuning dalam sandwich. Tambahkan potongan buah-buahan dengan warna yang berbeda untuk membuat salad buah yang menarik dan menggugah selera anak-anak.


3. Buat Bentuk Menarik


Anak-anak sering tertarik dengan makanan yang memiliki bentuk menarik. Gunakan cetakan atau potongan khusus untuk membuat sandwich dengan bentuk binatang atau tokoh kartun favorit mereka. Anda juga bisa memotong buah-buahan atau sayuran menjadi bentuk yang lucu dan menarik.


4. Libatkan Anak-anak


Ajak anak-anak Anda untuk ikut serta dalam memilih dan mempersiapkan bekal mereka. Libatkan mereka dalam memilih makanan sehat di supermarket atau toko, dan ajak mereka membantu dalam proses persiapan dan pengemasan bekal. Hal ini akan memberikan mereka rasa memiliki terhadap makanan yang mereka bawa.


5. Camilan Sehat


Sediakan camilan sehat sebagai alternatif yang menarik. Misalnya, buat trail mix dengan campuran kacang, biji-bijian, dan buah kering. Anda juga bisa menyediakan snack bar homemade dengan bahan-bahan yang sehat seperti oatmeal, kacang-kacangan, dan madu. Salah satu rekomendasi camilan sehat untuk mempermudah para ibu dalam mempersiapkan bekal anak, yaitu Choco Almond Snack dari Spencer’s yang pastinya bergizi dan bernutrisi tinggi.


6. Minuman yang Sehat


Selain makanan, pastikan anak-anak juga membawa minuman yang sehat. Berikan pilihan air mineral, air infused dengan potongan buah-buahan, atau jus buah segar yang rendah gula sebagai alternatif minuman yang sehat dan menyegarkan. Bisa juga dengan susu yang rendah lemak dan non lactose, seperti susu almond dari Spencer’s yang merupakan susu non laktosa dan kaya akan vitamin serta kalsium.


Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat menyediakan bekal sehat yang bergizi dan menarik bagi anak-anak. Hal ini akan membantu mereka tetap energik dan fokus sepanjang hari serta membentuk kebiasaan makan yang sehat sejak dini. Bagi para ibu yang membutuhkan produk - produk makanan sehat tanpa perlu ribet cari sana sini, bisa nih dengan mengunjungi spencers.id yang dijamin semua produknya sehat dan gak perlu ribet belanja sambil liatin komposisinya. Yuk cus langsung beli!


Comments


bottom of page