top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

Tak Cuma Ikan, 5 Buah dan Sayuran Ini Bisa Kamu Bakar untuk Rasa dan Gizi Lebih Optimal




Berpikir tentang makanan yang bisa dipanggang, mungkin yang terlintas di pikiran adalah daging atau ikan. Namun, tahukah Anda bahwa ada buah dan sayuran yang juga dapat diolah dengan cara dipanggang? Dalam artikel ini, kami akan mengungkapkan lima buah dan sayuran yang tidak hanya lezat saat dipanggang, tetapi juga memberikan manfaat gizi yang optimal. Jadi, mari kita jelajahi alternatif yang menarik ini dan tambahkan variasi dalam pengalaman memasak Anda!


1. Mangga


Mangga adalah buah tropis yang lezat dan segar. Ternyata, mangga juga dapat dipanggang untuk memberikan rasa yang lebih lezat dengan karamel dan tekstur yang lembut. Panggang potongan mangga di atas panggangan atau gril dengan sedikit minyak zaitun. Anda akan mendapatkan hidangan penutup yang manis dan lezat.


2. Labu


Labu adalah sayuran serbaguna dan kaya akan nutrisi. Potong labu menjadi irisan tipis atau dadu, lalu panggang dengan sedikit bumbu seperti garam, merica, dan rempah pilihan lainnya. Labu panggang akan menghasilkan rasa manis dan karamel yang enak serta tekstur yang lembut. Nikmati sebagai camilan sehat atau tambahkan ke salad atau hidangan utama.


3. Paprika


Paprika memiliki rasa yang segar dan renyah ketika dikonsumsi mentah. Tetapi saat dipanggang, paprika menghasilkan cita rasa yang lebih manis dan kompleks. Panggang paprika utuh atau potong menjadi irisan, lalu letakkan di atas panggangan atau gril. Anda akan mendapatkan paprika panggang dengan rasa yang lebih kaya, ideal untuk hidangan utama, sandwich, atau salad.


4. Kentang Manis


Kentang manis memiliki rasa manis yang alami dan tekstur yang lezat. Saat dipanggang, kentang manis mengalami karamelisasi yang memberikan rasa yang lebih kaya dan aroma yang menggugah selera. Potong kentang manis menjadi irisan atau dadu, panggang hingga lembut dan kecokelatan. Nikmati sebagai sampingan atau tambahkan ke salad untuk sentuhan manis yang lezat.


5. Bawang Bombay


Bawang bombay adalah bahan dapur yang sering digunakan dalam masakan. Namun, saat dipanggang, bawang bombay mengalami transformasi rasa yang menakjubkan. Potong bawang bombay menjadi irisan tebal, panggang di atas panggangan dengan sedikit minyak zaitun. Bawang bombay panggang memberikan rasa manis dan karamel yang lezat serta menjadi tambahan yang sempurna untuk burger, sandwich, atau hidangan dip.

:

Menggabungkan buah dan sayuran dalam pengalaman memasak tidak hanya menghasilkan hidangan yang lezat, tetapi juga memberikan manfaat gizi yang optimal. Mangga, labu, paprika, kentangmanis, dan bawang bombay adalah contoh buah dan sayuran yang bisa dipanggang untuk menciptakan rasa yang kaya dan tekstur yang lezat. Dengan menggali alternatif ini, Anda dapat menambahkan variasi dan kelezatan dalam hidangan sehari-hari Anda. Jadi, jangan ragu untuk mencoba memanggang buah dan sayuran ini dan eksplorasi kreasi baru di dapur Anda!



 


Referensi :



Tasty. (n.d.). Grilled Mango Salsa Recipe. Diakses pada 4 Juli 2023, dari https://tasty.co/recipe/grilled-mango-salsa


Good Housekeeping. (2021). Grilled Pumpkin Recipe. Diakses pada 4 Juli 2023, dari https://www.goodhousekeeping.com/food-recipes/a22782122/grilled-pumpkin-recipe/


Delish. (n.d.). Grilled Paprika Recipe. Diakses pada 4 Juli 2023, dari https://www.delish.com/cooking/recipe-ideas/a26129720/grilled-paprika-recipe/


Simply Recipes. (2020). Grilled Sweet Potatoes Recipe. Diakses pada 4 Juli 2023, dari https://www.simplyrecipes.com/recipes/grilled_sweet_potatoes/


Food Network. (n.d.). Grilled Onion Recipes. Diakses pada 4 Juli 2023, dari https://www.foodnetwork.com/recipes/photos/grilled-onion-recipes



Comments


bottom of page