top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

7 Rekomendasi Menu Sarapan yang Sehat untuk Memulai Hari dengan Berenergi




Sarapan merupakan salah satu waktu yang penting dalam memulai hari. Hal ini dikarenakan saat tubuh Anda mempersiapkan diri untuk aktivitas sepanjang hari, sarapan yang sehat dapat memberi Anda energi yang diperlukan dan membantu menjaga kesehatan tubuh Anda. Berikut adalah 7 rekomendasi menu sarapan yang sehat untuk memulai hari dengan baik:


1. Oatmeal dengan Buah-buahan Segar


Oatmeal merupakan sumber serat yang baik dan dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Tambahkan potongan buah-buahan segar seperti pisang, stroberi, atau blueberry untuk rasa manis yang alami dan nutrisi tambahan.


2. Telur Panggang atau Rebus


Telur merupakan sumber protein yang luar biasa dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Panggang atau rebus telur serta sajikan dengan sayuran hijau seperti bayam untuk nutrisi tambahan.


3. Yogurt Greek dengan Madu dan Kacang


Yogurt Greek mengandung protein tinggi dan probiotik yang baik untuk pencernaan. Tambahkan madu alami dan kacang-kacangan untuk rasa gurih dan tekstur yang lebih renyah.


4. Smoothie Sayuran dan Buah-buahan


Smoothie merupakan salah satu cara yang lezat untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Campurkan sayuran hijau seperti bayam atau kale dengan buah-buahan favorit Anda dan tambahkan protein seperti yogurt atau protein bubuk.


5. Roti Gandum Utuh dengan Alpukat


Roti gandum utuh mengandung serat, sedangkan alpukat kaya akan lemak sehat dan potassium. Ini adalah kombinasi yang lezat dan sehat untuk sarapan.


6. Bubur Quinoa dengan Kismis dan Almond


Quinoa adalah sumber protein nabati yang kaya akan asam amino esensial. Tambahkan kismis dan almond untuk rasa manis alami dan rasa kaya.


7. Sereal Sereal dengan Susu Rendah Lemak


Pilih sereal yang tinggi serat dan rendah gula tambahan. Sajikan dengan susu rendah lemak atau susu nabati untuk sarapan yang cepat dan mudah.


Pastikan untuk selalu memperhatikan porsi Anda, karena sarapan yang sehat juga berarti mengontrol jumlah kalori yang Anda konsumsi. Jangan lupakan minum air putih untuk menjaga hidrasi sepanjang hari. Dengan memilih menu sarapan yang seimbang, Anda dapat memulai hari dengan energi yang baik dan menjaga kesehatan Anda.



 


Referensi :



Mayo Clinic. (2021). Healthy breakfast: Quick, flexible options. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/healthy-breakfast/faq-20343658


Harvard T.H. Chan School of Public Health. (2021). The Nutrition Source - Breakfast. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/food-features/breakfast/


WebMD. (2021). Healthy Breakfast Ideas. https://www.webmd.com/food-recipes/ss/slideshow-quick-healthy-breakfasts


Healthline. (2021). 14 Healthy Breakfast Foods That Help You Lose Weight. https://www.healthline.com/nutrition/14-healthy-breakfast-foods

Comments


bottom of page