top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

8 Rahasia Kesehatan Tersembunyi dari Secangkir Teh Sehari-hari




Teh merupakan minuman yang sudah dinikmati oleh berbagai budaya di seluruh dunia selama berabad-abad. Selain memberikan sensasi kenikmatan, minum teh setiap hari juga dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan yang menarik. Mari kita telusuri lebih lanjut apa yang terjadi pada tubuh jika Anda menjadikan minum teh sebagai kebiasaan harian.


1. Menjaga Hidrasi


Meskipun teh mengandung kafein, minuman ini masih bersifat hidrasi. Dalam jangka pendek, teh tidak menyebabkan dehidrasi seperti yang mungkin terjadi dengan minuman beralkohol atau berkafein tinggi lainnya. Selain air putih, teh adalah salah satu pilihan terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.


2. Memberikan Antioksidan Kuat


Teh, terutama teh hijau mengandung antioksidan alami seperti katekin. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai penyakit kronis.


3. Mendukung Fungsi Jantung yang Sehat


Minum teh, terutama teh hijau telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Katekin dalam teh dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah.


4. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh, khususnya teh hijau dapat membantu mengatur gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin, serta dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.


5. Menyegarkan Pikiran dan Meningkatkan Fokus


Kafein dalam teh dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Ini adalah salah satu alasan mengapa banyak orang memilih teh sebagai minuman saat bekerja atau belajar.


6. Menurunkan Risiko Kanker


Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi teh, terutama teh hijau dapat membantu melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, usus, maupun prostat.


7. Meningkatkan Metabolisme


Kafein dalam teh dapat membantu meningkatkan tingkat metabolisme serta dapat membantu dalam menurunkan berat badan atau pemeliharaan berat badan yang sehat.


8. Menyediakan Ketenangan dan Relaksasi


Minum teh herbal seperti chamomile atau peppermint dapat memberikan efek menenangkan serta membantu meredakan stres.


Namun, penting untuk diingat bahwa efek positif ini terutama berlaku jika teh dikonsumsi dengan bijak. Terlalu banyak konsumsi teh, terutama yang mengandung kafein tinggi dapat menyebabkan efek samping seperti gangguan tidur atau gangguan pencernaan. Selalu perhatikan jumlah kafein yang Anda konsumsi.


Ketika Anda menjadikan minum teh sebagai kebiasaan harian yang sehat, Anda dapat mengalami banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Tetapi ingatlah untuk menjaga keseimbangan dan variasi dalam pola makan Anda untuk mendapatkan manfaat terbaik bagi tubuh Anda.



 


Referensi :

Mayo Clinic. (2021). Caffeine content for coffee, tea, soda, and more. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/caffeine/art-20049372


WebMD. (2021). The Benefits of Tea: Health Benefits of Tea. https://www.webmd.com/diet/tea-types-and-their-health-benefits


Harvard T.H. Chan School of Public Health. (2021). Tea. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/food-features/tea/


National Cancer Institute. (2021). Tea and Cancer Prevention. https://www.cancer.gov/about-cancer/causes-prevention/risk/diet/tea-fact-sheet


National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH). (2021). Tea. https://www.nccih.nih.gov/health/tea

Comentarios


bottom of page