top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

Berapa Asupan Cairan Harian yang Tubuh Perlukan?




Cairan adalah komponen vital yang ada dalam tubuh kita. Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air, dan asupan cairan yang cukup merupakan kunci untuk menjaga kesehatan. Namun, seberapa banyak cairan yang seharusnya Anda minum setiap hari? Dalam artikel ini, kita akan membahas panduan sehat untuk asupan cairan harian.


1. Pentingnya Cairan


Cairan dalam tubuh memiliki peranam yang penting, termasuk menjaga suhu tubuh yang tepat, membantu pencernaan, mengangkut nutrisi ke sel-sel, dan membuang sisa metabolisme. Ketika kita kehilangan cairan melalui keringat, urin, dan pernapasan, penting untuk menggantikannya.


2. Kebutuhan Cairan Harian


Kebutuhan cairan harian berbeda-beda untuk setiap individu dan dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk usia, tingkat aktivitas fisik, iklim, dan kondisi kesehatan. Namun, sebuah pedoman yang umumnya diterima adalah:

  • 8x8 Atau 8x8: Minumlah setidaknya delapan gelas air sehari, masing-masing sekitar 8 ons (sekitar 2 liter atau setengah galon). Ini sering disebut sebagai "8x8 rule."

  • Kebutuhan Khusus: Beberapa orang mungkin memerlukan lebih banyak cairan, terutama jika mereka berolahraga intens atau berada dalam iklim panas. Wanita hamil atau menyusui juga memerlukan asupan cairan yang lebih besar.


3. Tanda-tanda Kekurangan Cairan

Penting untuk memahami tanda-tanda kekurangan cairan dalam tubuh. Gejala yang mengindikasikan Anda mungkin memerlukan lebih banyak cairan termasuk rasa haus yang kuat, urin berwarna gelap, mulut kering, sakit kepala, dan kelelahan.


4. Sumber Cairan

Asupan cairan Anda tidak hanya harus berasal dari air minum. Makanan juga dapat memberikan sebagian besar cairan yang Anda butuhkan. Buah-buahan, sayuran, sup, dan bahkan kopi atau teh tanpa kafein dapat berkontribusi pada asupan cairan Anda.


5. Kapan Minum Cairan


Penting untuk mendistribusikan asupan cairan Anda sepanjang hari. Minumlah air secara teratur, bukan hanya ketika Anda merasa haus. Minum sebelum Anda merasa haus adalah pendekatan yang lebih baik.


6. Ketahui Kebutuhan Anda Sendiri


Setiap individu adalah berbeda, jadi penting untuk memahami kebutuhan cairan Anda sendiri. Perhatikan tanda-tanda tubuh Anda dan sesuaikan asupan cairan Anda berdasarkan kebutuhan pribadi Anda.


Kesimpulannya, asupan cairan yang cukup sangat penting untuk kesehatan tubuh. Meskipun ada pedoman umum, kebutuhan cairan dapat bervariasi. Dengarkan tubuh Anda dan pastikan Anda mendapatkan asupan cairan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Air adalah sumber utama, tetapi jangan lupakan bahwa makanan juga berperan dalam memenuhi kebutuhan cairan Anda. Tetaplah terhidrasi dengan baik untuk menjaga kesehatan Anda.



 


Referensi :



Mayo Clinic. (2023). Water: How much should you drink every day? https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/water-and-nutrition/faq-20360077


Harvard Health Publishing. (2023). How much water should you drink? https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-much-water-should-you-drink


Medical News Today. (2023). How much water should I drink a day? https://www.medicalnewstoday.com/articles/323922

Comments


bottom of page