top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

Mengapa Minum Air Putih Dulu Sangat Penting Sebelum Mengonsumsi Kopi atau Teh?




Kopi dan teh merupakan minuman yang populer di seluruh dunia, dikenal karena rasa yang nikmat dan dorongan energi yang diberikan. Bagi banyak orang, kopi atau teh adalah ritual pagi yang tidak bisa tergantikan. Namun sebelum Anda mencicipi cangkir pertama, ada satu langkah yang sebaiknya tidak dilewatkan yaitu minum air putih.


Kenapa Harus Minum Air Putih Sebelum Ngopi atau Ngeteh?


1. Menjaga Hidrasi


Selama tidur malam, tubuh kita kehilangan cairan melalui pernapasan dan keringat. Minum air putih saat bangun tidur dapat membantu menggantikan kehilangan cairan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi.


2. Mengaktifkan Sistem Pencernaan


Minum air putih sebelum minum kopi atau teh membantu mengaktifkan sistem pencernaan. Hal ini dapat membantu tubuh untuk mempersiapkan diri menerima makanan dan minuman, sehingga zat-zat dalam kopi atau teh dapat diserap lebih baik.


3. Mengurangi Efek Samping Kafein


Kafein dalam kopi dan teh adalah diuretik, yang berarti dapat meningkatkan pengeluaran cairan dari tubuh. Minum air putih sebelumnya membantu mengurangi risiko dehidrasi yang dapat disebabkan oleh minum minuman berkafein.


4. Mengurangi Risiko Iritasi Lambung


Minum air putih sebelum mengonsumsi kopi atau teh dapat membantu melapisi lambung dengan lapisan cairan dan mengurangi risiko iritasi lambung yang dapat terjadi akibat kafein.


5. Memaksimalkan Manfaat Kesehatan


Air putih adalah sumber hidrasi yang sehat dan penting. Meminumnya sebelum minum kopi atau teh dapat membantu memaksimalkan manfaat kesehatan dari minuman ini.


Jadi, mengapa kita harus minum air putih sebelum ngopi atau ngeteh? Jawabannya sederhana: untuk menjaga hidrasi, mengaktifkan sistem pencernaan, mengurangi efek samping kafein, menghindari iritasi lambung, dan memaksimalkan manfaat kesehatan dari minuman favorit kita. Ini adalah kebiasaan sehat yang dapat meningkatkan pengalaman minum kopi atau teh Anda dan mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.



 


Referensi :

Popkin, B.M., D'Anci, K.E., & Rosenberg, I.H. (2010). Water, Hydration and Health. Nutrition Reviews, 68(8), 439-458.


Grandjean, A.C., Reimers, K.J., Bannick, K.E., & Haven, M.C. (2000). The Effect of Caffeinated, Non-Caffeinated, Caloric and Non-Caloric Beverages on Hydration. Journal of the American College of Nutrition, 19(5), 591-600.


Maughan, R.J., & Griffin, J. (2003). Caffeine Ingestion and Fluid Balance: A Review. Journal of Human Nutrition and Dietetics, 16(6), 411-420.

Comments


bottom of page