top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

Mitos atau Fakta? Keju Cheddar Disebut Dapat Menjaga Sistem Imun Tubuh Manusia




Dalam upaya menjaga kesehatan dan sistem imun tubuh yang optimal, banyak makanan yang dikaitkan dengan klaim-klaim tertentu. Salah satu makanan yang sering disebut dapat mempengaruhi sistem imun adalah keju cheddar. Namun, pertanyaannya adalah, apakah benar keju cheddar memiliki dampak positif pada sistem imun tubuh? Dalam artikel ini, kita akan mengungkapkan kebenaran di balik klaim ini dan melihat apakah keju cheddar benar-benar berperan dalam menjaga sistem imun tubuh.


A. Komposisi Nutrisi Keju Cheddar


Keju cheddar adalah salah satu jenis keju yang populer dengan rasa yang khas. Namun, apakah komposisi nutrisi dalam keju cheddar secara langsung mempengaruhi sistem imun tubuh? Mari kita telaah lebih lanjut.


1. Protein


Keju cheddar mengandung protein yang penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Protein juga berperan dalam pembentukan antibodi, komponen yang penting dalam respons imun tubuh. Namun, perlu dicatat bahwa sumber protein lain seperti daging, kacang-kacangan, dan produk susu lainnya juga penting dalam memenuhi kebutuhan protein tubuh.


2. Vitamin A


Keju cheddar mengandung vitamin A yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan sel, termasuk sel-sel sistem imun. Namun, variasi diet yang mencakup sumber vitamin A lain seperti wortel, bayam, dan brokoli juga penting dalam memenuhi kebutuhan vitamin A yang seimbang.


3. Vitamin B12


Vitamin B12 dalam keju cheddar penting untuk fungsi normal sistem saraf dan pembentukan sel darah merah. Walaupun vitamin B12 dibutuhkan untuk sistem imun yang sehat, sumber utama vitamin B12 biasanya ditemukan dalam produk hewani seperti daging, ikan, dan susu.


4. Seng


Keju cheddar juga mengandung seng, mineral yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Seng membantu memperkuat respons imun dan mempromosikan pertumbuhan dan perkembangan sel-sel imun. Namun, sumber seng lain seperti kerang, kacang-kacangan, dan daging merah juga perlu diperhatikan dalam pola makan seimbang.


B. Mengatasi Kebutuhan Sistem Imun Tubuh


Sistem imun tubuh yang sehat melibatkan berbagai faktor termasuk pola makan yang seimbang, gaya hidup aktif, tidur yang cukup, dan manajemen stres. Penting untuk memahami bahwa tidak ada satu makanan tunggal, termasuk keju cheddar, yang dapat memberikan perlindungan atau "menjaga" sistem imun tubuh secara langsung.


Meskipun keju cheddar mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk sistem imun tubuh, klaim bahwa keju cheddar secara langsung dapat mempengaruhi atau menjaga sistem imun tubuh perlu ditinjau lebih lanjut. Penting untuk menjaga pola makan yang seimbang dengan berbagai sumber nutrisi dan memperhatikan gaya hidup sehat secara keseluruhan untuk mendukung kesehatan sistem imun tubuh yang optimal.



 


Referensi :



National Institutes of Health. (2020). Vitamin A Fact Sheet for Health Professionals. Diakses pada 4 Juli 2023, dari https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminA-HealthProfessional/


National Institutes of Health. (2020). Vitamin B12 Fact Sheet for Health Professionals. Diakses pada 4 Juli 2023, dari https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminB12-HealthProfessional/


National Institutes of Health. (2020). Zinc Fact Sheet for Health Professionals. Diakses pada 4 Juli 2023, dari https://ods.od.nih.gov/factsheets/Zinc-HealthProfessional/


U.S. Department of Agriculture. (n.d.). FoodData Central. Diakses pada 4 Juli 2023, dari https://fdc.nal.usda.gov/


Comments


bottom of page