top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

Pentingnya Memahami Kandungan Karbohidrat dalam Buah bagi Penderita Diabetes




Penderita diabetes sering dihadapkan pada pertanyaan penting mengenai makanan yang aman untuk dikonsumsi. Salah satu masalah utama adalah seberapa amankah mengonsumsi buah yang mengandung karbohidrat tinggi. Mari kita mendalami lebih lanjut tentang peran karbohidrat dalam buah dan apa yang sebaiknya diperhatikan oleh penderita diabetes.


1. Karbohidrat dalam Buah yang Manis Perlu Dikendalikan


Buah-buahan dikenal karena memiliki rasa manis yang alami. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan gula alami seperti fruktosa. Fruktosa adalah jenis gula alami yang terdapat dalam buah-buahan. Meskipun ini adalah sumber energi yang baik, penderita diabetes perlu berhati-hati dengan asupan karbohidrat total, termasuk karbohidrat dari buah-buahan.


2. Indeks Glikemik (GI) dalam Buah


Indeks Glikemik (GI) mengukur seberapa cepat karbohidrat dalam makanan akan meningkatkan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Makanan dengan GI tinggi cenderung meningkatkan gula darah lebih cepat dibandingkan dengan makanan dengan GI rendah. Beberapa buah memiliki GI tinggi, yang berarti mereka dapat meningkatkan gula darah dengan cepat setelah dikonsumsi.


3. Buah yang Perlu Dibatasi oleh Penderita Diabetes


Beberapa buah memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan GI tinggi, sehingga perlu dibatasi oleh penderita diabetes. Beberapa contoh buah dengan karbohidrat tinggi meliputi:

  • Anggur

  • Sirsak

  • Semangka

  • Mangga

Meskipun buah-buahan ini sehat dan kaya akan nutrisi lainnya seperti serat dan vitamin, penderita diabetes perlu mengontrol porsi serta memantau respons gula darah setelah mengonsumsinya.


4. Pilihan Buah yang Lebih Aman untuk Penderita Diabetes


Untuk mengendalikan kadar gula darah, penderita diabetes dapat memilih buah-buahan dengan GI rendah, seperti:

  • Apel

  • Pir

  • Jeruk

  • Stroberi


5. Mengelola Asupan Buah dengan Baik


Penderita diabetes dapat tetap menikmati buah-buahan dengan bijak. Berikut adalah beberapa tips untuk mengelola asupan buah:

  • Kontrol Porsi: Pastikan untuk mengontrol porsi buah yang Anda konsumsi agar tidak terlalu banyak karbohidrat sekaligus.

  • Kombinasikan dengan Makanan Lain: Makan buah bersama makanan yang mengandung serat dan protein bisa membantu mengurangi lonjakan gula darah.

  • Pantau Kadar Gula Darah: Penting untuk memantau kadar gula darah secara teratur setelah mengonsumsi buah-buahan tertentu untuk memahami bagaimana tubuh Anda merespons.

  • Berkonsultasi dengan Ahli Gizi: Konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter Anda untuk menyusun rencana makan yang sesuai dengan kondisi diabetes Anda.


Penderita diabetes dapat menikmati buah-buahan dengan bijak dengan memperhatikan pilihan buah dan mengatur porsi. Dengan pengelolaan yang tepat, buah-buahan masih bisa menjadi bagian dari diet sehat bagi penderita diabetes.



 

Referensi : American Diabetes Association. (2021). Carbohydrates. https://www.diabetes.org/nutrition/carbohydrates


Harvard T.H. Chan School of Public Health. (2021). Glycemic Index and Glycemic Load for 100+ Foods. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/glycemic-index-glycemic-load/


Diabetes.co.uk. (2021). Glycemic Index Chart. https://www.diabetes.co.uk/food/glycemic-index-chart.html


Joslin Diabetes Center. (2021). Fruit and Diabetes: What Can You Eat? https://www.joslin.org/patient-care/diabetes-education/diabetes-learning-center/fruit-and-diabetes-what-can-you-eat

Comments


bottom of page