top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

Cemas dan Depresi? Berikut 7 Makanan Sehat untuk Mengatasinya




Kesehatan mental kita seringkali terhubung erat dengan apa yang kita konsumsi. Mungkin terdengar mengejutkan, tetapi makanan yang tepat dapat membantu mengurangi rasa cemas dan depresi. Berikut adalah 7 makanan yang dapat Anda pertimbangkan untuk mendukung kesehatan mental Anda:


1. Ikan Salmon


Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan otak. Omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan dan mendukung fungsi neurotransmitter yang berperan dalam regulasi suasana hati.


2. Buah-Buahan


Buah beri seperti blueberry dan strawberry mengandung antioksidan tinggi yang dapat melawan stres oksidatif dan dapat meredakan peradangan. Komponen ini dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan.


3. Alpukat


Alpukat mengandung vitamin B6 yang membantu dalam produksi neurotransmitter seperti serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati. Selain itu, folat dalam alpukat juga terkait dengan pengurangan risiko depresi.


4. Kacang-Kacangan


Kacang-kacangan seperti kacang almond dan kacang mete mengandung asam folat yang dapat membantu meningkatkan kadar serotonin dalam otak. Serotonin berperan penting dalam mengatur suasana hati dan tidur.


5. Dark Chocolate


Dark chocolate mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak serta memberikan efek positif pada suasana hati dan meningkatkan kewaspadaan.


6. Sayuran Hijau


Sayuran hijau seperti bayam mengandung magnesium dan mineral yang dapat membantu mengendalikan tingkat stres dan meningkatkan suasana hati.


7. Yoghurt


Yoghurt yang mengandung bakteri baik dapat mendukung kesehatan mikrobiota usus. Keseimbangan mikrobiota usus terkait erat dengan kesehatan mental dan penelitian menunjukkan bahwa perubahan positif dalam usus dapat memengaruhi suasana hati.


Meskipun makanan tidak boleh dianggap sebagai pengganti perawatan medis profesional untuk masalah kesehatan mental serius, memasukkan makanan sehat ke dalam pola makan harian dapat menjadi langkah positif dalam mendukung kesejahteraan mental Anda. Selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan jika Anda mengalami masalah kesehatan mental yang signifikan.


Comments


bottom of page