top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

Dapur Sehat, Jantung Ceria : Berikut 7 Makanan Sehat Penurun Kolesterol Anda!




Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Untungnya, ada makanan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan memperkuat kesehatan jantung Anda. Berikut adalah 7 makanan penurun kolesterol yang lezat dan bermanfaat:


1. Alpukat


Alpukat mengandung lemak sehat yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).


2. Oatmeal


Serat beta-glukan dalam oatmeal membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL. Hal ini menjadikan oatmel merupakan salah satu sarapan yang sehat.


3. Ikan Berlemak


Ikan seperti salmon dan trout mengandung asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan kadar HDL dan menurunkan trigliserida.


4. Kacang-Kacangan


Kacang-kacangan seperti kacang almond dan kenari mengandung lemak sehat dan serat yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung.


5. Sayuran Berdaun Hijau


Brokoli, bayam, dan sayuran berdaun hijau lainnya kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan yang mendukung kesehatan jantung.


6. Buah Delima


Buah delima mengandung antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah penumpukan plak pada arteri.


7. Bawang Putih


Bawang putih memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.


Menambahkan makanan ini ke dalam pola makan sehari-hari dapat menjadi langkah yang efektif untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung Anda. Namun, selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan pada diet Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Dengan menggabungkan makanan sehat dengan gaya hidup aktif, Anda dapat membangun dasar yang kuat untuk mencegah risiko stroke dan serangan jantung.



 


Referensi:



Cicero, A. F., & Colletti, A. (2015). Nutraceuticals and cholesterol-lowering action. International Journal of Cardiology, 181, 319–326. doi:10.1016/j.ijcard.2014.12.038


Demonty, I., Ras, R. T., van der Knaap, H. C. M., Meijer, L., Zock, P. L., & Geleijnse, J. M. (2010). Continuous Dose-Response Relationship of the LDL-Cholesterol–Lowering Effect of Phytosterol Intake. Journal of Nutrition, 140(9), 1446–1453. doi:10.3945/jn.110.122978

Commenti


bottom of page