top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

Menggantikan Gula dengan Stevia: Manfaat dan Tips Penggunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Updated: Jun 2, 2023



Mengurangi konsumsi gula adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan dan mengadopsi gaya hidup yang seimbang. Salah satu alternatif yang semakin populer adalah penggunaan stevia, pemanis alami yang berasal dari tanaman Stevia rebaudiana. Dalam artikel ini, kami akan membahas manfaat dan tips penggunaan stevia sebagai pengganti gula dalam kehidupan sehari-hari.


Manfaat Menggantikan Gula dengan Stevia:


  1. Rendah Kalori: Stevia memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga cocok bagi mereka yang ingin menjaga berat badan atau mengurangi asupan kalori.

  2. Tidak Mempengaruhi Gula Darah: Stevia memiliki indeks glikemik rendah, sehingga tidak mempengaruhi lonjakan gula darah setelah mengonsumsinya. Ini menjadikannya pilihan yang baik untuk penderita diabetes atau mereka yang ingin mengontrol kadar gula darah mereka.

  3. Tidak Menyebabkan Kerusakan Gigi: Salah satu keuntungan stevia adalah bahwa ia tidak menyebabkan kerusakan gigi seperti halnya gula biasa. Ini penting untuk kesehatan gigi dan pencegahan pembusukan gigi.

  4. Kaya Antioksidan: Stevia mengandung senyawa-senyawa antioksidan, seperti steviosida, yang dapat membantu melawan radikal bebas dan meredakan peradangan dalam tubuh.


Tips Penggunaan Stevia dalam Kehidupan Sehari-hari:


  1. Pilih Stevia Berkualitas: Pastikan untuk memilih stevia berkualitas tinggi yang tidak mengandung bahan tambahan yang tidak diinginkan. Baca label dengan teliti sebelum membeli produk stevia.

  2. Gunakan Stevia dalam Minuman: Tambahkan stevia ke teh, kopi, smoothie, atau minuman lainnya sebagai pengganti gula. Eksperimen dengan takaran yang sesuai dengan selera Anda.

  3. Menggunakan Stevia dalam Memasak dan Memanggang: Stevia dapat digunakan dalam resep makanan dan kue sebagai pengganti gula. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan dan takaran yang dianjurkan.

  4. Mencari Produk yang Mengandung Stevia: Beberapa produk makanan dan minuman sekarang menggunakan stevia sebagai pemanis alami. Perhatikan label dan carilah produk-produk tersebut untuk mengurangi konsumsi gula berlebih.


Menggantikan gula dengan stevia adalah pilihan yang sehat dan alami untuk mengurangi konsumsi gula berlebihan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan manfaatnya yang rendah kalori, tidak mempengaruhi gula darah, dan kaya antioksidan, stevia dapat menjadi alternatif yang baik untuk menjaga kesehatan dan mengadopsi gaya hidup yang seimbang. Dengan mengikuti tips penggunaan yang kami berikan, Anda dapat dengan mudah menggantikan gula dengan stevia dalam makanan dan minuman Anda.



 


Referensi:


Chen, J., & Jeppesen, P. B. (2021). Stevia rebaudiana and Stevioside in Diabetes Mellitus and Metabolic Syndrome. Nutrients, 13(4), 1324. doi: 10.3390/nu13041324


Martínez-Huélamo, M., Gómez-Alonso, S., & Arranz, S. (2019). Health effects of Stevia rebaudiana Bertoni and its glycosides: A review. Critical Reviews in Food Science and Nutrition, 59(16), 2688-2706. doi: 10.1080/10408398.2018.1431616


Goyal, S. K., Samsher, & Goyal, R. K. (2010). Stevia (Stevia rebaudiana) a bio-sweetener: a review. International Journal of Food Sciences and Nutrition, 61(1), 1-10. doi: 10.3109/09637480903193049


Comentarios


bottom of page