top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

Mengonsumsi Telur Setiap Hari? Berikut Manfaat dan Efek Sampingnya!




Telur merupakan salah satu makanan yang dianggap sebagai makanan dengan sumber protein yang baik dan kaya akan nutrisi. Banyak orang yang mengonsumsi telur secara rutin, bahkan setiap hari. Namun, apa yang sebenarnya terjadi ketika Anda mengonsumsi telur setiap hari? Artikel ini akan menjelaskan manfaat dan potensi efek sampingnya.


Manfaat Mengonsumsi Telur Setiap Hari

1. Sumber Protein Berkualitas Tinggi


Telur mengandung protein berkualitas tinggi yang penting untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan jaringan tubuh. Protein telur mudah dicerna dan merupakan sumber asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh.


2. Kaya Nutrisi


Telur mengandung berbagai nutrisi penting termasuk vitamin B12, vitamin D, selenium, kolin, dan zat besi. Nutrisi-nutrisi ini mendukung kesehatan seluruh tubuh termasuk fungsi otak, sistem saraf, dan produksi sel darah merah.


3. Menyediakan Energi


Kandungan lemak dan kalori yang moderat dalam telur dapat memberikan energi yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari. Lemak dalam telur juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung.


4. Mendukung Kesehatan Mata


Telur mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Konsumsi telur dapat membantu melindungi mata dari kerusakan oksidatif dan degenerasi makula.


Potensi Efek Samping Mengonsumsi Telur Setiap Hari


1. Kolesterol Tinggi


Telur mengandung kolesterol. Beberapa orang khawatir bahwa mengonsumsi telur setiap hari dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi telur dengan bijak tidak secara signifikan memengaruhi kadar kolesterol darah.


2. Alergi Telur


Beberapa individu mengalami alergi telur yang dapat menyebabkan reaksi alergi yang serius jika telur dikonsumsi. Ini adalah efek samping yang perlu diwaspadai, terutama pada anak-anak.


3. Kegemukan


Mengonsumsi telur setiap hari dalam kombinasi untuk diet tinggi lemak dan kalori dapat berkontribusi pada kegemukan. Penting untuk mengonsumsi telur sebagai bagian dari pola makan yang seimbang.


Mengonsumsi telur setiap hari dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, terutama jika dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan yang seimbang. Namun, seperti halnya dengan makanan lainnya, penting untuk memoderasi konsumsi dan mempertimbangkan kondisi kesehatan pribadi Anda. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau alergi, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk menentukan apakah mengonsumsi telur setiap hari cocok untuk Anda.



 


Referensi :



Blesso, C. N., Andersen, C. J., Barona, J., & Volek, J. S. (2013). Effects of carbohydrate restriction and dietary cholesterol provided by eggs on clinical risk factors in metabolic syndrome. Journal of Clinical Lipidology, 7(5), 463-471.


DiMarco, D. M., Norris, G. H., Millar, C. L., Blesso, C. N., Fernandez, M. L., & Chang, E. B. (2017). Intake of up to 3 Eggs per Day Is Associated with Changes in HDL Function and Increased Plasma Antioxidants in Healthy, Young Adults. The Journal of Nutrition, 147(3), 323-329.


Rong, Y., Chen, L., Zhu, T., Song, Y., Yu, M., Shan, Z., ... & Liu, L. (2013). Egg consumption and risk of coronary heart disease and stroke: dose-response meta-analysis of prospective cohort studies. BMJ, 346, e8539.


Herron, K. L., & Fernandez, M. L. (2004). Are the current dietary guidelines regarding egg consumption appropriate?. The Journal of Nutrition, 134(1), 187-190.


U.S. Department of Agriculture. (2021). National Nutrient Database for Standard Reference Legacy Release. Retrieved from https://fdc.nal.usda.gov/


Food Allergy Research & Education. (2021). Egg Allergy. Retrieved from https://www.foodallergy.org/allergens/egg-allergy

Yorumlar


bottom of page