top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

Rahasia Sukses ASI FLOW: 10 Makanan Penyubur ASI untuk Ibu Menyusui




ASI (Air Susu Ibu) adalah nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Namun, beberapa ibu mungkin mengalami tantangan dalam produksi ASI yang cukup. Untungnya, ada banyak makanan yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI dengan cara yang alami dan sehat. Dalam artikel ini, kami akan membahas 10 pilihan makanan yang telah terbukti meningkatkan produksi ASI dan mendukung kesehatan ibu menyusui.


1. Oatmeal


Oatmeal adalah sumber serat dan zat besi yang baik. Kandungan seratnya dapat membantu meningkatkan produksi ASI dan memberikan energi yang tahan lama.


2. Biji Fenugreek


Biji fenugreek adalah rempah-rempah yang telah lama digunakan untuk meningkatkan produksi ASI. Mengandung fitoestrogen yang diyakini merangsang produksi ASI.


3. Almond


Almond kaya asam lemak sehat dan kalsium. Ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan memberikan nutrisi yang diperlukan untuk produksi ASI.


4. Salmon


Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang esensial. Ini memiliki manfaat antiinflamasi dan dapat membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI.


5. Biji Chia


Biji chia mengandung omega-3, serat, dan protein. Ini adalah sumber energi dan nutrisi yang baik untuk ibu menyusui.


6. Sayuran Hijau


Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung mengandung zat besi, kalsium, dan folat yang penting untuk ibu menyusui.


7. Buah-Buahan


Buah-buahan seperti buah jeruk, stroberi, dan kiwi mengandung vitamin C yang membantu penyerapan zat besi dari makanan dan mendukung sistem kekebalan tubuh.


8. Teh Habbatussauda


Teh habbatussauda atau jinten hitam telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk meningkatkan produksi ASI.


9. Yoghurt Tanpa Gula


Yoghurt tanpa gula mengandung protein dan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang dan produksi ASI.


10. Telur


Telur mengandung protein berkualitas tinggi dan kolin, yang dapat membantu dalam pembentukan sel-sel tubuh bayi.


Makanan memiliki peran penting dalam meningkatkan produksi ASI dan menjaga kesehatan ibu menyusui. Pilihan makanan yang kaya nutrisi, seperti oatmeal, biji fenugreek, almond, dan salmon, dapat memberikan dukungan tambahan bagi ibu yang ingin meningkatkan produksi ASI mereka. Namun, ingatlah bahwa setiap ibu memiliki kebutuhan unik. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum melakukan perubahan besar dalam pola makan Anda, terutama jika Anda memiliki alergi atau kondisi kesehatan tertentu.



 


Referensi :



Academy of Nutrition and Dietetics. (2021). Breastfeeding: Diet and Health Considerations. Retrieved from: https://www.eatright.org/food/nutrition/dietary-guidelines-and-myplate/breastfeeding-diet-and-health-considerations


La Leche League International. (2021). Foods and Drinks to Increase Breastmilk Supply. Retrieved from: https://www.llli.org/breastfeeding-info/foods/


KellyMom. (2021). Increasing Low Milk Supply. Retrieved from: https://kellymom.com/hot-topics/low-supply/


American Pregnancy Association. (2021). Foods to Increase Breast Milk. Retrieved from: https://americanpregnancy.org/breastfeeding/increasing-your-milk-supply/


Stanford Children's Health. (2021). Increasing Your Milk Supply. Retrieved from: https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=increasing-your-milk-supply-1-2313



Comentários


bottom of page