top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

Mengenal Vegan Friendly: Memahami Konsep dan Manfaat bagi Gaya Hidup Sehat

Updated: Jun 2, 2023



Vegan Friendly adalah istilah yang semakin populer dalam dunia makanan dan gaya hidup sehat. Dalam artikel ini, kami akan membahas pengertian dan makna di balik Vegan Friendly, serta manfaat yang dapat diperoleh dari adopsi pola makan ini. Pahami konsep Vegan Friendly dan temukan bagaimana gaya hidup ini dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan dan lingkungan.


Apa itu Vegan Friendly?


Vegan Friendly merujuk pada makanan, produk, atau gaya hidup yang sesuai dengan prinsip veganisme. Veganisme adalah filosofi yang menekankan untuk tidak menggunakan atau mengonsumsi produk hewani, baik itu daging, ikan, susu, telur, atau bahan lain yang berasal dari hewan. Sebagai gantinya, Vegan Friendly menggunakan bahan-bahan nabati dan berfokus pada keberlanjutan serta etika dalam pilihan makanan dan gaya hidup.


Keuntungan Makan Vegan Friendly:


  1. Sehat: Pola makan Vegan Friendly seringkali kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan dari makanan nabati. Hal ini dapat mendukung kesehatan jantung, menurunkan risiko obesitas, diabetes tipe 2, serta penyakit tertentu lainnya.

  2. Lingkungan: Dengan mengurangi konsumsi produk hewani, pola makan Vegan Friendly membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Dari aspek penggunaan air, lahan, dan emisi gas rumah kaca, veganisme dapat berkontribusi pada keberlanjutan planet kita.

  3. Kesejahteraan hewan: Prinsip utama veganisme adalah menghormati dan melindungi hewan. Dengan memilih makanan dan produk yang tidak melibatkan penderitaan hewan, kita turut berpartisipasi dalam pergerakan kesejahteraan hewan.

  4. Makanan Vegan Friendly yang Populer:

  • Sayuran dan Buah-buahan: Sebagai sumber utama nutrisi, sayuran dan buah-buahan segar menjadi pilihan yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral.

  • Protein Nabati: Tempe, tahu, kedelai, kacang-kacangan, serta biji-bijian adalah sumber protein nabati yang penting bagi vegan.

  • Susu Nabati: Susu nabati, seperti susu almond, susu kedelai, atau susu oat, digunakan sebagai alternatif bagi susu hewani.

  • Makanan Olahan Vegan: Ada banyak produk makanan olahan yang dibuat khusus untuk Vegan Friendly, seperti sosis nabati, keju vegan, dan sebagainya.


Memahami konsep Vegan Friendly membuka pintu bagi kita untuk mengadopsi pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat, ramah lingkungan, dan peduli terhadap kesejahteraan hewan. Dengan fokus pada makanan nabati dan menghindari produk hewani, kita dapat menikmati berbagai manfaat kesehatan dan memberikan kontribusi positif bagi lingkungan. Cobalah mengenali Vegan Friendly dan eksplorasi dunia makanan yang lezat, sehat, dan berkelanjutan.



 


Referensi:



Craig, W. J., & Mangels, A. R. (2009). Position of the American Dietetic Association: Vegetarian diets. Journal of the American Dietetic Association, 109(7), 1266-1282. doi:10.1016/j.jada.2009.05.027


Lea, E. J., & Crawford, D. (2019). Wider impacts of a 10-week community cooking skills program—Jamie's Ministry of Food, Australia. BMC Public Health, 19(1), 710. doi:10.1186/s12889-019-7052-8


Sabaté, J. (2003). The contribution of vegetarian diets to health and disease: A paradigm shift? The American Journal of Clinical Nutrition, 78(3), 502S-507S. doi:10.1093/ajcn/78.3.502S


Tuso, P. J., Ismail, M. H., Ha, B. P., & Bartolotto, C. (2013). Nutritional update for physicians: Plant-based diets. The Permanente Journal, 17(2), 61-66. doi:10.7812/TPP/12-085


Comentários


bottom of page