top of page
  • Writer's pictureSpencer's Indonesia

Pilihan Sehat untuk Ibu Hamil yang Menginginkan Asupan Gizi Optimal

Updated: Jun 2, 2023



Ibu hamil membutuhkan asupan gizi yang seimbang dan berkualitas untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan perkembangan janin yang sedang tumbuh. Selain makanan sehat, minuman juga memiliki peran penting dalam menyediakan nutrisi yang dibutuhkan. Salah satu pilihan yang populer adalah susu almond, yang menawarkan manfaat gizi yang kaya dan cocok untuk ibu hamil. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi manfaat susu almond dan mengapa itu menjadi pilihan yang baik untuk ibu hamil.


1. Sumber Nutrisi yang Kaya:


Susu almond merupakan sumber nutrisi yang kaya, termasuk vitamin E, kalsium, zat besi, magnesium, dan serat. Vitamin E penting dalam menjaga kesehatan kulit dan menjaga fungsi imunitas yang baik. Kalsium dan magnesium membantu membangun tulang dan menjaga kesehatan gigi. Zat besi penting untuk mencegah anemia, sementara serat membantu menjaga pencernaan yang sehat.


2. Rendah Kalori dan Lemak Jenuh:


Salah satu keunggulan susu almond adalah rendah kalori dan lemak jenuh. Ini menjadikannya pilihan yang baik bagi ibu hamil yang ingin menjaga berat badan yang sehat dan mencegah peningkatan berlebihan. Lemak yang terkandung dalam susu almond umumnya adalah lemak tak jenuh sehat, yang dapat mendukung kesehatan jantung dan pembuluh darah.


3. Sumber Asam Lemak Sehat:


Susu almond mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, seperti asam oleat, yang dikenal memiliki manfaat kesehatan. Asam lemak tak jenuh tunggal membantu menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh dan dapat mendukung fungsi jantung yang optimal.


4. Alternatif Laktosa Gratis:


Beberapa ibu hamil mungkin memiliki intoleransi laktosa atau alergi terhadap susu sapi. Susu almond dapat menjadi alternatif yang baik karena bebas laktosa dan alergen susu. Ini memungkinkan ibu hamil dengan sensitivitas terhadap laktosa atau alergi untuk menikmati manfaat gizi susu tanpa efek samping yang mungkin terjadi.


5. Sumber Protein Nabati:


Susu almond mengandung protein nabati, yang merupakan pilihan yang baik untuk ibu hamil vegetarian atau vegan. Protein nabati penting dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk pertumbuhan janin yang sedang berkembang.


Namun, penting untuk diingat bahwa susu almond tidak boleh menjadi satu-satunya sumber nutrisi selama kehamilan. Ibu hamil tetap perlu mengonsumsi makanan seimbang dan bervariasi untuk memenuhi kebutuhan gizi yang lebih luas.



 

Referensi:



Li, S. S., Ran, R. J., Luo, S. Q., Li, S. Q., & Wang, S. L. (2020). A narrative review of the nutritional properties and benefits of almond milk. International Journal of Food Properties, 23(1), 1702-1716.


Mandalari, G., Mandalari, G., Bisignano, C., & Wickham, M. S. (2018). Natural almond skin extracts to control foodborne pathogens and spoilage bacteria on fresh-cut apples. Journal of the Science of Food and Agriculture, 98(5), 1983-1990.


Sathe, S. K., & Venkatachalam, M. (2017). Almonds. In Nuts and Seeds in Health and Disease Prevention (pp. 23-32). Academic Press.


U.S. Department of Agriculture. FoodData Central. (2021). Almond milk, sweetened, vanilla flavor, ready-to-drink. Retrieved from https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/785081/nutrients


Ware, M. (2020). Almond milk: Nutrition, benefits, and risks. Medical News Today. Retrieved from https://www.medicalnewstoday.com/articles/323081


Weaver, C. M., Dwyer, J., Fulgoni III, V. L., King, J. C., Leveille, G. A., MacDonald, R. S., ... & Tucker, K. L. (2020). Processed and prepared foods: Implications for dietary guidance. Journal of Nutrition, 150(1), 3-11.


Commenti


bottom of page